RBI Lokpal: Saat ini era belanja online sedang berlangsung. Ribuan produk tersedia di Facebook, Instagram, YouTube dan banyak aplikasi e-shopping, di mana pengguna dapat melihat banyak penawaran menarik. Pengguna tertarik dengan penawaran tersebut dan kemudian memesan produk menggunakan kartu kredit atau debit mereka. Setelah menerima pesanan, jika pengguna tidak menyukai produk maka mereka mencoba mengembalikannya dan mendapatkan uang kembali.
Seringkali penjual dengan mudah mengembalikan produk tersebut, tetapi terkadang hal ini tidak terjadi. Pengguna merasa frustrasi saat mengajukan permintaan ke penjual, situs belanja, atau aplikasi, namun masalahnya tidak teratasi. Apa yang dapat dilakukan pengguna dalam situasi seperti ini? Jika Anda tidak tahu, izinkan kami memberi tahu Anda. Dalam situasi seperti ini, pengguna dapat mengajukan keluhan kepada Reserve Bank of India yaitu RBI dan juga dapat memperoleh kompensasi. Biarkan kami memberi tahu Anda proses lengkapnya.
Ikuti langkah ini
- Untuk ini, pengguna harus mengunjungi situs resmi RBI Lokpal terlebih dahulu. Anda juga bisa langsung menuju website resminya dengan mengklik link ini (https://rbi.org.in/Scripts/Complaints.aspx).
- Setelah mengunjungi situs RBI Lokpal, pengguna akan mendapatkan opsi untuk mengajukan keluhan terhadap bank, NBFC, atau lembaga sejenis lainnya.
- Klik pada opsi pengguna yang ingin Anda ajukan keluhan.
- Setelah itu pengguna akan mendapatkan opsi Ajukan keluhan untuk mengajukan keluhan.
- Setelah itu pengguna harus memasukkan nama dan nomornya.
- Setelah itu OTP akan masuk ke ponsel pengguna. Itu harus dimasukkan ke dalam situs web dan diklik.
- Setelah itu OTP Anda akan diverifikasi, dan selanjutnya Anda harus menulis detail pengaduan Anda.
- Untuk melakukan ini, pengguna harus memasukkan nama pengadu, nomor telepon, ID email, nama negara bagian, kategori pengaduan, dan alamat lengkap mereka.
- Setelah mengisi semua ini, pengguna harus memilih nama bank atau NBFC yang ingin Anda adu.
- Setelah ini, akhirnya pengguna harus memasukkan informasi keluhan mereka dan memeriksa semuanya.
- Setelah mengisi semua informasi yang diperlukan untuk mengajukan keluhan, pengguna dapat mengirimkannya.
Harap diingat
Setelah mengajukan pengaduan ke Ombudsman IBI, pengguna dapat menuntut ganti rugi beserta uangnya yang terlantar. Ombudsman RBI menyelidiki pengaduan yang dibuat oleh pengguna sekitar dua minggu ke depan, dan kemudian menyelesaikan masalah tersebut. Namun, pengguna harus mengajukan keluhan kepada bank mereka atau NBFC terkait sebelum mengajukan keluhan ke RBI. Jika masalah pengguna tidak terselesaikan bahkan setelah mengajukan pengaduan tertulis, maka mereka dapat mengajukan pengaduan ke RBI.
Baca juga: Samsung Galaxy S24: Semua smartphone seri ini akan dibuat di India, label 'Made in India' juga akan terlihat di luar negeri.